Jurusan Yang Paling Di Minati Perusahaan

Memilih jurusan tentu saja harus berdasarkan minat, karena filosofi pendidikan mengatakan orang akan lebih termotivasi untuk belajar dan berusaha, jika bidang yang dipelajar tersebut sesuai dengan minatnya. Akan tetapi, prospek kerja dari tiap jurusan juga pantas untuk dipertimbangkan. Bagi yang masih bingung mau pilih jurusan apa, artikel ini boleh dijadikan bahan pertimbangan. Siapa tahu ada jurusan yang cocok dengan minat Anda disini.

Penelitian yang dilakukan oleh National Association of Colleges and Employers tahun 2013 menyatakan bahwa karena kondisi perekonomian yang membaik, mulai tahun 2013, perusahaan akan membuka lebih banyak lowongan kerja. Dikabarkan bahwa lowongan kerja baru akan meningkat sebanyak 13% dari tahun sebelumnya.

Perusahaan-perusahaan yang secara khusus memerlukan tenaga ahli yang baru lulus dari universitas adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang:
Komputer
Elektronik
Properti
Ritel
Keuangan dan Perbankan
Kimia dan Farmasi
Layanan jasa profesional (misalnya konsultan manajemen dan asuransi)

Berdasarkan data diatas, maka jurusan-jurusan yang paling diminati oleh perusahaan tahun 2014 adalah:

Yang berkaitan dengan komputer (Misalnya Computer Science, Information Technology dan lain-lain)

Sekarang adalah jaman online. Internet telah menjadi bagian dari hidup kita, mulai dari sekedar membaca berita, bersosialisasi di media sosial ( seperti Facebook, Twitter), sebagai media telekomunikasi (misalnya skype, line), bahkan sebagai tempat jual beli dan fungsi-fungsi lainnya.

Teknologi juga merupakan bagian penting dari hidup manusia, karena teknologi membuat hidup kita semakin praktis dan mudah. Teknologi, komputer dan elektronik saling berhubungan satu sama lain. Bidang ini selalu mengalami perkembangan yang pesat dan dinamis. Oleh karena itu tidak heran selalu dibutuhkan tenaga kerja yang lebih kreatif, inovatif dan bisa memenuhi tuntutan jaman.

Jika Anda adalah penggemar teknologi, suka mengutak-atik komputer, punya kemampuan logika yang baik, dan cara berpikir yang kritis, bidang ini mungkin cocok untuk Anda.

Yang berkaitan dengan Bisnis (Manajemen, Marketing, Bisnis Internasional, Hukum Bisnis dan lain-lain)

Inilah jurusan yang populer sepanjang masa. Setiap bidang usaha memerlukannya. Seberapa hebatnya produk dan ide Anda, tetapi jika tidak ada yang bisa mengenalkannya kepada publik, atau memasarkannya, maka Anda tidak akan bisa menjual. Selain itu untuk menjalankan usaha dibutuhkan keahlian untuk mengelola, baik dari sumber daya manusia, proses penjualan, dan strategi pemasaran supaya usaha Anda bisa bersaing dengan usaha lainnya.

Bagi Anda yang terbiasa berpikir cepat, senang berinteraksi dengan orang lain, persuasif, inovatif, dan menyenangi dunia bisnis, bidang ini boleh Anda pertimbangkan.

Akan tetapi, karena bidang ini sangat populer, banyak yang mengambil jurusan ini. Dengan kata lain, Anda akan memiliki banyak saingan. Bagaimana caranya supaya membuat Anda terlihat lebih unggul dari yang lain? Kuncinya adalah dengan mengikuti banyak kegiatan ekstra kurikuler, mengikuti program magang, dan mendapatkan banyak pengalaman kerja yang relevan. Perusahaan tidak hanya melihat nilai akademis, mereka lebih tertarik dengan keahlian praktikal Anda, karena mereka ingin orang yang siap kerja dan bisa berbaur dan bekerjasama dengan orang lain. Baca lebih lengkap tentang kriteria-kriteria yang dilirik perusahaan.

Yang berkaitan dengan Keuangan (Akuntansi, Perbankan, dan lain-lain)

Setiap perusahaan memerlukan ahli keuangan untuk menghitung rugi laba, merencanakan keuangan, investasi dan lain sebagainya. Gaji untuk posisi ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan bidang lainnya.



bagi teman-teman mahasiswa yang suka menulis, silahkan upload tulisan anda disini. tulisan tersebut bisa berupa materi kuliah, berita seputar kampus, atau cerita lain yang terkait dengan dunia kampus.. 




di tulis oleh Admin

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »